Resep Cara Membuat Nasi Tumpeng Jakarta Enak & Gurih

Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jajanan kuliner yang sangat populer sebut saja salah satunya nasi tumpeng. Nasi tumpeng sendiri merupakan nasi yang telah dibentuk secara kerucut kemudian pada bagian pinggirnya terdapat lauk-pauk. Secara umum nasi tumpeng memiliki warna khas yakni warna kuning, namun ada juga nasi tumpeng dengan warna putih.

Biasanya nasi tupeng disajikan untuk acara syukuran atau acara keluarga, namun ada pula yang dibuat hanya untuk sekedar sajian makan saja. Saat ini banyak sekali jenis nasi tumpeng didaerah-daerah tertentu sebut saja salah satunya Nasi Tumpeng Jakarta yang saat ini sedang banyak diminati masyarakat Indonesia dengan rasanya yang sangat khas dan tentunya sangat menggugah selera makan Anda.

Apakah kalian semua tahu resep cara membuat nasi tumpeng Jakarta ? Sebenarnya cara membuat nasi tumpeng Jakarta cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang sangat lama. Yuk sama-sama kita intip resep cara membuat nasi kuning berikut ini :

Bahan-bahan yang harus disediakan :

  • Santan 900 mili liter
  • Daun pandan 2 lembar
  • Kepala yang sudah tua 1 buah
  • Kunyit 5 cm
  • Jahe 5 cm
  • Garam (secukupnya)
  • Daun salam 4 lembar
  • Lengkuas 2 cm
  • Bawang merah 5 siung
  • Seranf 2 batang
  • beras 1 kilo gram

Cara Membuat Nasi Tumpeng Enak & Gurih :

  1. Pertama-tama, silahkan cuci terlebih dahulu beras hingga benar-benar bersih. Kemudian rendang pada air bersih.
  2. Setelah itu, haluskan bumbu-bumbu sebagai berikut : jahe, lengkuas, kunyit, bawang merah serta garam. Silahkan masukan bumbu halus tersebut kedalam santan, kemudian aduk-aduk sampai benar-benar merata.
  3. Silahkan masak sampai benar-benar mendidih, kemudian buang air yang terdapat pada remdaman beras tersebut. Setelah itu, tuangkan (sambil disaring) santan kedalam beras.
  4. Langkah selanjutnya, masukan serai bersamaan dengan daun salam. Kemudian rebus beras (gunakan api kecil saja). Jangan lupa tambahkan juga serai serta daun salam, kemudian rebus kembali sambil aduk-aduk sampai nasi agak matang (air menyusut).
  5. Jika tingkat kematangan telah selesai, silahkan ambil serai serta daun salam yang telah Anda masukan tadi.
  6. Berikutnya, jangan lupa siapkan panci untuk mengukus. Lalu rebus airnya terlebih dahulu. Setelah air telah direbus, kemudian nasi dimasukan kedalam panci. Jangan lupa tambahkan juga daun pandan.
  7. Kukus nasi tersebut hingga matang sempurna.
  8. Jika nasi sudah matang, silahkan angkat dan biarkan hingga dingin sejenak. Kemudian silahkan Anda bentuk nasi tersebut hingga berberntuk kerucut (bisa menggunakan alat cetak).
  9. Setelah nasi berbetuk kerucut, silahkan tambahkan bahan-bahan matang lainya seperti ayam goreng, oreg tempe ataupun yang lainya.

Mungkin cukup sampai disini mengenai Cara Membuat Nasi Tumpeng Jakarta yang pastinya memiliki rasa sangat nikmat dan lezat. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.

About the author: Mr. Alvharezky

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *