7 Cara untuk Menjaga Kesehatan Ketika Bekerja di Kantor

Bekerja pada waktu lama terutama dalam posisi duduk di kantor bisa menyebabkan munculnya sejumlah masalah kesehatan. Hal ini bisa menyebabkan kamu mengalami kesehatan baik yang berdampak pendek maupun panjang.

Masalah yang kamu alami ini bisa terjadi di punggung bahkan hingga merembet ke jantung. Secara fisik, bekerja terlalu lama di depan komputer juga menimbulkan dampak pada tangan dan leher.

Waktu yang terlalu panjang untuk duduk juga bisa menurunkan banyaknya aktivitas fisik yang kamu lakukan. Hal ini tentu berlawanan dengan gaya hidup sehat yang butuh kamu lakukan.

Karena dampak kesehatan yang bakal muncul, maka penting untuk melakukan sejumlah hal yang tepat bagi kesehatan tubuh ketika di kantor. Sejumlah hal ini mampu menurunkan dampak negatif dari duduk terlalu lama di depan laptop atau komputer.

Posisi duduk yang tepat serta kegiatan fisik yang dilakukan bisa jadi cara menjaga kesehatanmu. Dilansir dari Times of India, berikut tujuh hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan di kantor.

Letakkan Laptop atau Komputer di Posisi Tepat

Ketika kamu terlalu menunduk ketika melihat layar komputer atau laptop, kamu bisa mengalami sakit punggung dan leher. Meletakannya terlalu tinggi juga bisa membuat mata menjadi kering. Posisikan layar dengan tinggi yang sejajar kepala agar tidak mengalami masalah.

Pastikan Asupan Air

Rasa haus yang muncul sering disalahpahami dengan rasa lapar sehingga akhirnya kamu makan. Bahkan rasa ngantuk sering juga muncul karena dehidrasi.

Untuk menghindari sejumlah masalah tersebut, penting untuk menjaga asupan air pada tubuh. Selain itu, lebih banyak minum bisa memaksamu sering berdiri untuk mengisi botol air.

Hindari Menggunakan Elevator atau Lift

Jika kantormu berada di tingkat atas, usahakan untuk menggunakan tangga sesering mungkin. Hal ini bisa membuatmu lebih banyak berjalan untuk menjaga sirkulasi darah pada otot tubuh.

Lebih Banyak Berkedip

Ketika duduk di depan komputer, kamu harus lebih sering mengedipkan mata. Ketika melihat layar, banyak orang yang berkedip lebih sedikit dibanding biasanya. Dengan lebih banyak berkedip, maka mata bisa terhindar dari kondisi kering dan kesehatannya tetap terjaga.

Postur yang Tepat Ketika Duduk

Rasa sakit di punggung dan leher biasa dialami seseorang ketika duduk depan komputer dalam waktu lama. Postur duduk yang tepat bisa membuatmu terhindar dari masalah ini.

Usahakan duduk dalam posisi pundak yang mundur dan santai. Posisikan badan secara tegak dengan lengan bagian bawah sejajar dengan permukaan meja dan keyboard.

Sering Cuci Tangan

Mencuci tangan secara sering merupakan cara untuk menjaga dirimu dan rekan kerja tetap sehat. Pastikan untuk cuci tangan sebelum dan setelah makan, bersin, batuk, serta berbagai hal lainnya.

Berjalan Setiap Jam

Penting untuk berjalan dan merengangkan tubuh secara sering. Sebaiknya lakukan hal ini setiap jam baik untuk mengisi air, buang air, atau melakukan hal lainnya.

Sejumlah hal tersebut sebaiknya kamu terapkan untuk menghindari terjadinya masalah kesehatan di tempat kerja. Dengan memastikan tubuh tetap sehat dan bugar, maka kinerjamu juga dapat terjaga.

About the author: Mr. Alvharezky

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *