6 Pose Yoga untuk Pemula yang Mudah Dipraktikkan, Lakukan Tiap Pagi

Yoga adalah cara sempurna untuk memberi energi pada pagi hari dan merevitalisasi tubuh yang lelah dan pening. Yoga memang tak sekuat olahraga kardio, namun manfaatnya benar-benar dapat membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

Berasal dari kata Sansekerta “yuji,” yang berarti penyatuan, yoga adalah praktik kuno yang menyatukan pikiran dan tubuh. Yoga menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, dan pose yang dirancang untuk mendorong relaksasi dan mengurangi stres.

Berlatih yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Studi menunjukkan bahwa yoga dapat membantu mengurangi stres, kecemasan dan menurunkan kadar hormon stres kortisol. Jika dikombinasikan dengan gaya hidup sehat, yoga dapat membantu mengurangi faktor risiko berbagai penyakit seperti jantung, osteoarthritis, dan paru-paru.

Jika Anda baru mulai mempraktikkan yoga, ada pose gerakan utama yoga yang mudah dilakukan. Pose ini merupakan pose dasar yang biasanya dilakukan oleh pelaku yoga pemula. Berikut pose yoga untuk pemula, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (16/10/2019).

Easy Pose (Sukhasana)

Duduk bersila di atas matras yoga dengan tangan di atas lutut, telapak tangan menghadap ke atas. Jaga tulang belakang selurus mungkin. Dorong tulang duduk. Tutup mata Anda dan tarik napas lalu hembuskan. Anda harus memastikan berat tubuh didistribusikan secara merata pada tulang duduk.

Pose ini paling cocok untuk meditasi bagi pemula dan praktisi tingkat lanjut. Sukhasana berasal dari kata Sansekerta Sukham yang berarti mudah, senang, nyaman, dan senang. Orang-orang dari segala usia dapat melakukan pose ini.

Hanya duduk di lantai memberi Anda cara sempurna untuk melihat dan merasakan rotasi eksternal pada kaki. Pose ini juga meningkatkan fleksibilitas punggung dan dapat membantu menghilangkan stres.

Pose Pohon (Vrksasana)

Mulailah dengan berdiri tegak satukan kedua tangan dalam posisi doa dan angkatlah ke atas. Tekuk lutut kiri ke sisi kiri dan tekan kaki kiri ke paha bagian dalam kaki kanan. ahan selama 30 detik. Ganti kaki dan ulangi.

Jika mengalami kesulitan menyeimbangkan, coba letakkan kaki kanan di tulang kering kiri alih-alih di paha. Pose ini membantu meregangkan tubuh, dari tumit hingga ujung jari-jari. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan keseimbangan.

Pose gunung (Tadasana)

Pose ini terlihat mudah, karena pada dasarnya hanya berdiri. Tapi itu adalah dasar untuk semua pose berdiri dan inversi lainnya. Jika melakukan ini secara aktif, Anda akan melatih tubuh dan kaki, dan Anda akan membumi sendiri. Ini bisa bagus untuk kepercayaan diri dan mengurangi kecemasan.

Berdiri diam, dengan dada terbuka dan lebar dan tangan di samping, dan rasakan kaki di lantai dan sensasi di kaki dan punggung. Kemudian analisis postur tubuh di depan cermin.

Cat-Cow

Mulai posisi merangkak dengan tangan di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul. Sebarkan berat badan secara merata di antara kedua tangan dan rentangkan jari lebar-lebar. Tekuk perut ke dalam dan lengkungkan tulang belakang, angkat dada dan angkat tulang ekor saat menarik napas. Sasakan peregangan dari leher ke tulang ekor, seperti kucing. Saat mengeluarkan napas, lengkungkan tulang belakang ke posisi berlawanan seperti kucing yang marah.

Pose Cat-Cow ini meregangkan dan membangunkan tulang belakang, membantu meringankan sakit punggung. Pose ini juga membuka dan meningkatkan kelenturan seluruh tulang belakang, leher, dada, dan bahu. Lakukan 5 hingga 10 kali atau lebih pada pagi hari.

Downward-Facing Dog (Adho Mukha Svanasana)

Mulailah dengan meletakkan kedua tangan di atas matras di depan, tangan Anda harus sedikit di depan bahu. Tempatkan lutut di lantai langsung di bawah pinggul. Buang napas saat mengangkat lutut dari lantai, angkat bokong dan pinggul ke arah langit-langit. Dorong bagian atas paha ke belakang dan rentangkan tumit ke bawah ke lantai. Pose ini sering dilakukan untuk lima tarikan napas di antara kedua sisi, atau lebih lama untuk manfaat yang lebih kuat.

Pose ini memperpanjang tulang belakang, meregangkan otot-otot kaki belakang, dan membantu pencernaan. Karena ini adalah inversi ringan, gerakan ini dapat melepaskan stres, membantu dengan sakit kepala, dan menenangkan sistem saraf.

Child’s Pose (Balasana)

Dari pose Downward-Facing Dog, tarik napas dalam-dalam. Saat menghembuskan napas, lepaskan lutut ke lantai, tarik pinggul kembali ke tumit, dan letakkan dahi di lantai. Anda bisa membiarkan lengan terentang di depan atau menariknya di samping tubuh, dengan meletakkan telapak tangan di dekat kaki. Ini adalah pose restoratif, jadi sesuaikan dengan kebutuhan.

Di kelas yoga mana pun, ini adalah pose yang bagus jika Anda ingin beristirahat dan mengatur ulang sistem saraf. Ini adalah pose yang sangat sederhana yang dapat diadaptasi untuk semua tingkatan. Pose ini membangunkan hubungan antara nafas dan tubuh, mengirimkan energi yang menenangkan melalui semua otot.

Child’s Pose adalah cara yang bagus untuk beristirahat dan bersantai selama latihan yoga, atau kapan saja saat merasa lelah.

About the author: Mr. Alvharezky

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *