11 Wisata Gunung di Jawa Timur Terpopuler, Destinasi Wajib Para Pendaki

Wisata gunung di Jawa Timur memang menjadi salah satu daya tarik terbesar. Banyak daerah pegunungan yang menyimpan berbagai keindahan yang tiada duanya di daerah ini. Membuat setiap tahunnya, para pendaki gunung berbondong-bondong mengunjunginya.

Sebut saja contohnya tempat wisata Gunung Semeru atau Gunung Bromo yang keindahannya sudah terkenal sampai ke luar negeri. Rasanya tidak heran lagi saat kamu bertemu dengan pendaki gunung yang berasal dari luar negeri saat ke dua gunung terkenal itu.

Wisata gunung di Jawa Timur terpopuler menyajikan pemandangan alam yang indah. Kesejukan udara pegunungan dan perjalanan yang penuh dengan tantangan sampai ke puncak akan membuatmu merasakan kenikmatan yang kamu inginkan saat mendaki gunung.

Berikut ini rangkum dari berbagai sumber, Minggu (18/11/2019) tentang wisata gunung di Jawa Timur

1. Gunung Bromo.

Wisata gunung di Jawa Timur yang pertama adalah Gunung Bromo. Gunung Bromo masih berada dalam satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tak berbeda jauh dengan pemandangan Gunung Semeru yang indah, Bromo menyajikan pemandangan sunrise dan padang pasirnya yang sangat luas.

Gunung ini tidak terlalu tinggi, kamu bisa menuju puncaknya dengan menyusuri tangga yang ada. Selain itu kamu juga dapat berkeliling di kawasan Gunung Bromo dengan menunggangi kuda.

2. Gunung Semeru.

Selanjutnya, ada Gunung tertinggi di Pulau Jawa yang terkenal dengan pemandangannya yang memesona dan membuat banyak pendaki ingin kembali mendakinya, yaitu Gunung Semeru. Gunung yang terletak di wilayah Lumajang dan Malang, Jawa Timur, ini memiliki ketinggian 3.676 mdpl.

Salah satu pemandangan yang paling terkenal adalah Ranu kumbolo. Danau ini berada di ketinggian 2.400 Mdpl, di sini kamu juga dapat menyaksikan sunrise.

3. Gunung Ijen.

Gunung Ijen berada di ujung Jawa Timur dianatara perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Di gunung ini kamu dapat melihat fenomena blue fire atau api biru yang hanya ada di Ijen. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang penasaran dan mengunjungi tempat ini.

Selain itu jika kamu mendakinya pada dini hari, maka bukan hanya blue fire yang dapat kamu saksikan melainkan juga keindahan sunrise yang menakjubkan dari puncak ijen. Kawah ini berada di ketinggian 2.368 mdpl dan merupakan bagian dari Gunung Ijen.

4. Gunung Welirang.

Wisata gunung di Jawa Timur selanjutnya adalah Gunung Welirang. Gunung ini terletak diantara perbatasan Kabupaten Malang dan Mojokerto. Memiliki ketinggian 3.156 mdpl, Gunung Welirang terkenal dengan belerangnya yang menakjubkan. Kebanyakan penduduk di setempat adalah pengumpul batuan belerang.

5. Gunung Argopuro.

Gunung yang memiliki tinggi 3.088 mdpl ini memiliki puncak Rengganis. Puas di puncak kamu bisa melanjutkan turun lewat jalur Baderan di mana kamu dapat menemukan padang sabana bernama Cikasur.

Satwa-satwa seperti babi hutan, rusa dan merak dapat dengan mudah kamu temui. Gunung Argopuro berada di Probolinggo ini terkenal angker. Namun gunung ini memiliki keunikan yang memikat, kamu bisa menemukan Taman Hidup yang memiliki panorama indah.

6. Gunung Kelud.

Gunung Kelud berada diperbatasan Kota Malang, Kediri dan Blitar. Di gunung ini terdapat danau dengan kawah hijau toska yang terlihat begitu menawan. Ada juga wisata air panas yang yang turut menambah daya tarik Gunung Kelud.

Sajian pemandangan yang indah serta akses jalan yang terbilang bagus akan membuatmu kagum. Gunung ini hanya memiliki ketinggian 1.731 mdpl.

7. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan yang tingginya 1.653 mdpl ini masih satu kluster dengan Gunung Arjuno-Welirang. Meski tak seberapa tinggi, puncaknya yang disebut puncak Prawita selalu menjadi incaran para pendaki.

Tak cuma memiliki beberapa jalur yang menantang, gunung ini juga memiliki nilai sejarah yang penting, apalagi dengan ditemukannya ratusan situs percandian Hindu-Buddha di sekujur lerengnya, mulai dari kaki sampai mendekati puncak.

Jalur yang paling populer dan mudah bisa kamu jalani lewat Tami Ajeng. Dengan mendaki selama kurang lebih 4 jam, kamu sudah sampai di Puncak Bayangan di mana kamu bisa mendirikan tenda. Kawasan ini hanya berjarak sekitar 20 menit dari puncak.

8. Gunung Raung

Gunung Raung yang merupakan gunung bertipe stratovolcano ini masih aktif dan terkenal dengan jalur pendakiannya yang ekstrem via Kalibaru. Untuk mendaki sampai ke puncak kamu harus menempuh jarak sekitar 17 km melalui medan yang sebagian besar berupa bebatuan terjal selama sekitar 6 hari. Apalagi, gunung ini tidak memiliki sumber air, alhasil pendaki mesti membawa setidaknya masing-masing 10 liter air dari bawah.

Gunung yang terletak di Banyuwangi ini jelas bukan diperuntukkan bagi pendaki pemula, apalagi jika niatmu adalah menggapai Puncak Sejati yang ketinggiannya 3.332 mdpl. Dibutuhkan persiapan fisik dan mental yang sungguh-sungguh serta kemampuan mendaki yang mumpuni.

9. Gunung Butak

Berbeda dengan gunung di Jawa Timur lainnya, Gunung Butak masih jarang dijamah para pendaki karena masih minim informasi tentang gunung ini. Meski demikian Gunung Butak memiliki pemandangan savana yang menarik.

Berlokasi di perbatasan Kabupaten Malang dan Blitar, Gunung Butak memiliki ketinggian 2.868 mdpl. Dari puncaknya kamu bisa melihat Gunung Arjuno, Welirang, dan Mahameru.

10. Gunung Arjuno (3339 mdpl)

Gunung Arjuna terletak diperbatasan Mojokerto dan Malang. Salah satu wisata gunung di Jawa Timur ini juga sangat terkenal dan fenomenal. Gunung ini merupakan gunung tertinggi diantara deretan gunung yang ada diwilayah sekitarnya. Untuk pendakian kejalur ini kamu bisa melalui jalur Tretes, jalur Lawang dan jalur Batu.

11. Gunung Lawu.

Gunung Lawu masih tergolong ramah untuk pendaki pemula. Gunung ini menjulang tinggi 3.265 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini juga menjadi salah satu tempat wisata ziarah terutama pada bulan Suro. jalur yang terkenal ada dua, yaitu lewat Cemoro Kandang di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah atau Cemoro Sewu di Sarangan, Jawa Timur.

About the author: Mr. Alvharezky

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *